MENGGAPAI ASA DI HARI KEDUA DIKLATSAR DAN GLADI TANGGUH 2016

Semarang, 26 Januari 2016 KSR PMI SUB UNIT PGSD FIP UNNES melaksanakan Diklatsar dan Gladi Tangguh pada hari kedua. Kali ini, peserta dibagi menjadi 2 ruangan agar materi yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien. Ruang pertama berada di Auditorium PGSD FIP Unnes dan kedua di Ruang Laboratorium Seni Tari PGSD FIP Unnes. Jadi, konsep ruang pada hari ini berbeda dengan hari pertama yang hanya terdapat satu ruang yaitu Auditorium PGSD FIP Unnes.
Seperti hari sebelumnya, kegiatan pada hari kedua masih diisi dengan pembekalan materi mengenai Kepalangmerahan dan Kesehatan. Kegiatan dimulai pukul 07.30-16.30 WIB. Untuk peserta di Auditorium dibekali materi mengenai Anatomi Faal, Keracunan dan Obat, serta Perawatan Keluarga. Untuk materi Anatomi dan Faal disampaikan oleh dr. Adi Khuntoro, materi disampaikan mulai pukul 07.30-09.30 WIB. Anatomi Faal merupakan sebuah ilmu yang  mempelajari tentang susunan tubuh, bentuk tubuh, dan fungsi bagian dari alat  atau jaringan tubuh. Pada pukul 09.30-12.20 WIB  dilanjutkan dengan materi Keracunan dan Obat oleh pemateri yang sama. Setelah pemaparan materi tersebut, peserta diberikan waktu untuk ishoma selama 60 menit. Pada siang harinya, kegiatan Diklatsar dan Gladi Tangguh dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Perawatan Keluarga (PK) oleh Bapak Harmanto pada pukul 13.20-16.00 WIB. Pada materi ini, peserta tidak hanya mendengarkan dan mencatat materi saja tetapi juga ikut praktik.
Tak kalah serunya dengan ruang pertama, peserta di ruang Laboratorium Seni Tari PGSD FIP Unnes berdiskusi bersama mengenai Donor Darah, Kesehatan Remaja dan Restoring Family Links (RFL). Untuk materi donor darah disampaikan oleh perwakilan UDD Kota Semarang yaitu Ibu Eny Mulyani pada pukul 07.30-09.30 WIB. Pada materi ini, peserta sangat antusias mendengarkan dan bertanya mengenai pengalaman mereka saat mengikuti donor darah.
Materi yang selanjutnya juga tidak kalah serunya, yaitu materi tentang Kesehatan Remaja yang dimulai pukul 09.30-12.20 WIB. Materi ini disampaikan dengan luar biasa oleh Bapak Dinu Rahman. Setiap kelompok diminta untuk berdiskusi mengenai penularan HIV dengan media kartu. Peserta sangat senang dan antusias karena ini merupakan materi yang baru diterimanya. Untuk materi terakhir diruang dua yaitu Restoring Family Links (RFL) oleh Ibu Ratih Dwi Anggraini mulai pukul 13.20-16.00 WIB.
Kegiatan Diklatsar dan Gladi Tangguh KSR PMI SUB UNIT PGSD FIP Unnes pada hari kedua baik diruang 1 maupun 2 berlangsung lancar dan disertai dengan beberapa pertanyaan dari peserta mengenai materi yang telah disampaikan oleh pihak PMI. Pada akhir kegiatan dilakukan post test selama 30 menit tentang materi yang sudah disampaikan oleh pemateri dari awal sampai akhir. Post test ini bertujuan untuk mengetest pemahaman peserta tentang materi hari ini. Jadi, setiap hari peserta diwajibkan untuk mencatat semua materi yang sudah disampaikan oleh pemateri dan jawaban  post test pada buku catatan. Buku tersebut dikumpulkan dan kemudian dikoreksi oleh panitia. Pada keesokan harinya buku dikembalikan lagi ke peserta. Kegiatan ini berlaku setiap hari.

Peserta tampak antusias untuk menerima materi baru mengenai Kepalangmerahan dari pemateri-pemateri yang sudah handal pada bidangnya masing-masing. Jadi, diharapkan peserta dapat memahami materi tersebut dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Menurut saya, kegiatan Diklatsar hari ini lebih kondusif dibandingkan dengan hari pertama karena ruangannya dibedakan, jadi lebih efektif dalam menerima materi.” Ucap Dita Ayu salah satu peserta Diklatsar dan Gladi Tangguh KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN