PENYAKIT KULIT AKIBAT KURANG MENJAGA KEBERSIHAN PADA MAHASISWA


Berikut ini ada beberapa penyakit kulit yang ditimbulkan karena mahasiswa kurang memperhatikan kebersihan diri dan lingkunganya:
1.     Eksim atau Dermatitis

Adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi di mana saja, namun kulit yang paling sering terkena eksim adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak-anak, terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun.
Eksim adalah masalah kulit yang kering, ditandai dengan kulit dan gatal. Biasanya bagian kulit yang terkena penyakit eksim ditandai dengan kulit yang terasa gatal dan panas, terutama pada malam hari.
Gejala eksim basah: kulit akan terlihat melepuh, berwarna merah, bengkak, basah, serta timbul bintil – bintil yang berisi air atau nanah.
  - Gejala eksim kering: kulit akan terlihat bersisik keras, mengeropeng, serta berwarna kemerah-merahan.

Penyakit eksim bisa diobati dengan obat modern ataupun obat tradisional. Untuk pengobatan dengan obat modern, bisa menggunakan salep khusus eksim yang dioleskan secara tipis-tipis di permukaan kulit yang terkena eksim. Sedangkan pengobatan dengan cara tradisional bisa menggunakan:
·         Temulawak
·         Sambiloto
·         Pegagan
·         Gula aren
·         Krokot
·         Kunyit
·         Lengkuas
·         Kapur sirih
·         Air kelapa
Tujuan utama pengobatan adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.
Daerah-daerah yang sering terjangkit penyakit eksim adalah pada sela-sela jari tangan atau kaki, dan daerah-daerah lipatan tubuh, seperti sela paha, belakang lutut, pergelangan tangan, dan daerah sekitar leher. Penyakit eksim sering terjadi secara berulang-ulang atau kambuh, oleh karena itu harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alegi (alergen).

2.     Herpes
Penyakit herpes adalah sejenis penyakit radang pada permukaan kulit, dengan tanda-tanda terjadi gelembung-gelembung kemerahan berair yang timbul berkelompok pada permukaan kulit.

Secara umum, penyakit herpes dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

Herpes Genetalis, penyakit herpes genetalis timbul akibat adanya infeksi atau peradangan pada kulit, terutama dibagian vagina, penis, pintu dubur/ anus, pantat, dan selangkangan. Penyebab penyakit herpes genetalis adalah virus herpes simplek.
Herpes Zoster, gejala penyakit herpes zoster adalah timbulnya gelembung cairan hampir merata pada seluruh bagian tubuh, penyebab penyakit herpes zoster adalah virus varicella-zoster.

Penyebab Terjadinya Penyakit Herpes
Herpes disebabkan oleh salah satu dari virus herpes yang ditularkan melalui kontak langsung. Setelah terbentuk, virus aktif dalam tubuh, dan semakin mengaktifkan selama penderita mengalami masa stres, dan menjadi aktif dalam sel saraf. HSV memasuki tubuh melalui selaput lendir atau lubang kecil pada kulit sebagai akibat dari kontak langsung, misalnya, melalui sentuhan, ciuman, dan aktivitas seksual vagina, oral, atau anal. Virus yang paling menular adalah melalui kontak langsung dengan luka herpes, juga dapat menular melalui air liur, atau melalui kontak kulit dengan orang yang tidak memiliki luka yang tampak atau gejala lainnya tetapi orang tersebut sebagai penderita penyakit herpes.

Gejala Dari Penyakit Herpes
Tanda dan gejala yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah demam, menggigil, sesak napas, nyeri dipersendian atau pegal di satu bagian rubuh, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair. Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut.
Semoga bermanfaat dan di PGSD FIP UNNES kita tercinta ini semakin jarang mahasiswa yang terkena penyakit-penyakit kulit seperti itu. jaga kebersihan diri sendiri, mulai dari kasur, baju, kamar tidur, lantai kos, halaman, dan lingkungan sekitar. semangat SIAMO!!!

Sumber : http://griyaherbalalami.com/solusi-penyakit/pengobatan-luxor-herpes

http://obatjelly-gamat.blogspot.com/2013/07/obat-penyakit-kulit-eksim-herbal.html  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN