GELORA SEMANGAT DIKLATSAR



Diklatsar dan Gladi Tangguh 2016 memasuki hari ke lima nih, tema hari sabtu yang cerah ini adalah semangat Diklatsar menggebu-gebu.  Kampus PGSD Unnes yang seharusnya sudah sepi karena libur semester masih diramaikan oleh kegiatan Diklatsar dan Gladi Tangguh yang diselenggarakan oleh KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes selama 10 hari. (sabtu, 30/1 2016). Masih sama dengan hari-hari sebelumnya, Diklatsar dan Gladi Tangguh ini dilaksanakan dalam dua ruangan yaitu di Auditorium dan di GSG PGSD Unnes.
Materi pertama untuk ruang satu dimulai pukul 07.30 – 12.20 WIB yaitu tentang perdarahan, dan cedera jaringan lunak, syok, luka bakar yang di isi oleh Pak Mugiyanto yang berisi berbagai macam pendarahan dan cara penanganannya, lalu penanganan korban syok dan juga penanganan luka bakar sesuai dengan seberapa parah lukanya. Peserta diklatsar sangat bersemangat sekali dalam mendengarkan materi yang di berikan, itu terbukti karena banyaknya peserta yang bertanya maupun berpartisipasi untuk mempraktikan beberapa langkah penanganan luka.
Pada waktu yang sama, peserta diklatsar yang ada diruang dua belajar mengenai PP Dasar, BHD dan RJP yang diisi oleh bapak Danang. Peserta diajarkan mengenai bagaimana cara memberikan pertolongan pertama. Tidak kalah antusiasnya dengan ruangan pertama, pada ruang kedua peserta juga aktif bertanya dan ikut mempraktikan di depan. Setelah pemberian materi pertama baik ruang pertama maupun ruang kedua, peserta diberi waktu istirahat, untuk sholat dan makan siang.
Tepat pukul 13.10 WIB peserta mulai berdatangan ke kampus untuk melanjutkan kegiatan Diklatsar dan Gladitangguh 2016. Untuk materi Ruang 1 diisi mengenai cidera jaringan lunak dan pembidaian yang disampaikan secara luar biasa oleh Bapak Djatmiko. Materi kali ini peserta diajarkan mengenai cara menangani beberapa cidera dan beberapa prinsip pembidaian. Sedangkan pada ruang kedua diisi oleh Bapak Didik mengenai Triage.
Sesuai dengan temanya hari ini, semangat yang menggebu-nggebu dari peserta Diklatsar tetap terjaga sampai di penghujung acara sore ini. “Semangat menimba ilmu, nikmati setiap prosesnya dan semangat siamo!!” pesan Farizqo, anggota luar biasa KSR PGSD Unnes.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN