Latihan Rutin 2 : Pertolongan Pertama dan Balut Bidai




            Sabtu, 14 Oktober 2017 telah dilaksanakan Latihan Rutin 2 di Auditorium PGSD Unnes dengan materi Pertolongan Pertama (PP) dan Balut Bidai (BB). Pelatihan diikuti oleh mahasiswa PGSD angkatan 2017 yang disampaikan oleh fungsionaris KSR PGSD yaitu materi PP oleh Novika Gigih Nugraheni, Firdausya Amalia dan Ika Kristiyani sedangkan materi BB oleh Nova Adintya, Gigih Wicaksono dan Desy Martalia Crenata.

            Kegiatan awal yaitu apel pembukaan pada pukul 07.00 WIB. Dilanjutkan dengan apersepsi terkait materi PP yang bertujuan untuk, menyelamatkan jiwa penderita, mencegah cacat, memberikan rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan. Setelah materi Pertolongan Pertama selesai MC memimpin untuk Ice Breaking selama 15 menit , dilanjutkan dengan apersepsi terkait materi kedua yaitu Balut Bidai (BB). Dalam materi PP dan BB tidak hanya penyampaian teori saja namun terdapat praktik dan penanganan kasus.

            Pada saat penyampaian materi, peserta memperhatikan materi dengan antusias kemudian diberi kesempatan untuk bertanya pada sesi pertanyaan. Setelah sesi penyampaian materi dan pertanyaan telah selesai pukul 12.00 WIB peserta latrut diberi waktu untuk ishoma selama satu jam. Pada pukul 13.00 WIB waktu ishoma peserta latrut selesai dilanjutkan dengan sharing kelompok dengan masing-masing pendamping kelompok. Kemudian untuk materi PP dua orang perwakilan kelompok mengikuti turnamen dan anggota kelompok yang lain mengerjakan soal kuis. Setelah turnamen dan kuis PP selesai dilakukan pergantian turnamen BB dengan mewakilkan tiga orang dan anggota kelompok yang lain mengerjakan kuis.

            Peserta dikondisikan oleh pemimpin apel sesuai dengan kelompok masing-masing untuk persiapan apel penutupan dan pengumuman pemenang turnamen, peserta yang memenangkan turnamen, yaitu kelompok Advair Diskus. Di penghujung acara MC menutup kembali acara dan membubarkan peserta. Semoga Latihan Rutin kali ini dapt bermanfaat bagi kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN