Gladi Tangguh 2017 KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES

Gladi Tangguh 2017 KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES

Puncak dari kegiatan Diklatsar yang telah dinanti-nanti pun telah tiba. Tanggal 8 Februari 2017, mahasiswa PGSD yang menjadi peserta Diklatsar melaksanakan agenda terakhir mereka yaitu Gladi Tangguh yang dilaksanakan pada malam hari. Di pagi hari sebelum kegiatan tersebut, peserta melaksanakan kegiatan simulasi bencana yang berlokasi di lapangan kampus PGSD. Simulasi berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB yang kemudian ditutup dengan evaluasi besar secara bersama-sama sampai pukul 13.00 WIB oleh beberapa pihak dari PMI. Setelah itu peserta Diklatsar berkumpul ditengah lapangan dan diberikan pengarahan oleh panitia Diklatsar untuk datang kembali ke PGSD pada pukul  18.45 WIB guna mengikuti kegiatan Gladi Tangguh.

Peserta Diklatsar mulai berkumpul di Auditorium PGSD pada pukul 18.30 WIB sesuai arahan dari panitia Diklatsar. Hingga pukul 18.45 WIB, peserta dikondisikan untuk mengikuti post test terlebih dahulu. Pemberangkatan gladi tangguh dimulai pada pukul 22.00 WIB. Sebelumnya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok campuran yang terdiri dari peserta laki-laki dan perempuan yang berbeda dari komposisi kelompok biasa. Pemberangkatan kelompok baru sesuai dengan kloter yang telah ditentukan. Pemberangkatan kloter pertama berselang 20 menit dengan kloter yang selanjutnya. Untuk kloter yang menunggu waktu pemberangkatan, menunggu di Auditorium PGSD sambil menikmati penampilan dari salah satu kelompok peserta yang menunjukkan beberapa bakat yang mereka miliki. Selain itu dari, peserta kelompok lain juga banyak yang berinisiatif untuk menampilkan bakat-bakat mereka.


Kegiatan Gladi Tangguh ini merupakan salah satu bentuk konkret atau aplikasi dari materi yang telah didapatkan peserta selama kegiatan Diklatsar. Kegiatan ini terdiri dari lima pos praktek dan lima pos bayangan. Dari pos praktek ada pos pertolongan pertama, pos balut bidai, pos gangguan sistem, pos evakuasi dan pos uji mental. Sedangkan untuk pos bayangan berfungsi untuk mengarahkan peserta Gladi Tangguh ke arah pos-pos praktek  yang dituju agar meminimalisir tersesatnya peserta dari arah yang sebenarnya. Peserta melakukan praktek secara langsung di tiap posnya. Perjalanan tiap pos berselang 20 menit untuk ke pos praktek dan 5 menit ke pos bayangan. Antusias peserta baik perjalanan tiap pos maupun praktek langsung. Keseruan tidak berhenti hingga ke pos terakhir yaitu pos uji mental. Di pos ini, peserta diuji ketahanan mentalnya terhadap kondisi-kondisi yang disesuaikan atau diperumpamakan seperti di daerah bencana. Untuk Gladi Tangguh kali ini, konsep uji mentalnya dengan melewati kubangan lumpur bersama dengan kelompoknya da kemudian mencari pita merah di dalam lumpur tersebut yang merupakan simbol untuk pelantikan. Walaupun sempat diguyur air hujan namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta. Dari beberapa peserta yang telah melewati pos mental mereka memberikan beberapa tanggapan baik dari selama ini mengikuti kegiatan Diklatsar selama 10 hari. Mereka mengatakan bahwa banyak pelajaran yang dapat dipetik selam mereka menjadi peserta Diklatsar dan Gladi Tangguh 2017. Dan puji syukur dipanjatkan kepada Allah SWT yang telah diberikan kelancaran dan kesuksesan dari kegiatan tersebut.
Kegiatan Diklatsar dan Gladi Tangguh 2017 kemudian ditutup dengan upacara pelantikan peserta pada hari Kamis, 9 Februari 2017 yang dihadiri oleh Ketua Jurusan PGSD Bapak Isa Ansori, Dosen Pembina KSR PGSD Ibu Desi Wulandari, Ketua Laboratorium Bapak Sukardi dan Bapak Sutaryono. Selain itu, dihadiri juga oleh Bapak Bambang selaku perwakilan dari PMI Kota Semarang dan perwakilan dari lembaga kemahasiswaan dan unit kemahasiswaan PGSD FIP UNNES. Kegiatan Diklatsar dan Gladi Tangguh pun diakhiri dengan penyematan simbol pelantikan dan penyerahan kembali bendera Diklatsar dari PMI oleh Bapak Bambang kepada Jurusan oleh Bapak Isa Ansori. Semoga dari kegiatan Diklatsar dan Gladi Tangguh 2017 yang telah dilalui, dapat memberikan manfaat yang berpengaruh positif terhadap kehidupan peserta sehari-hari serta mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT.


DIKLATSAR DAN GLADI TANGGUH 2017

Relawan Muda!

Siap Siaga!

Terus Berkarya!


SIAMO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN