PCA 2020 “ Mandiri, Berdedikasi Semangat Tanpa Henti”

 

PCA 2020 “ Mandiri, Berdedikasi Semangat Tanpa Henti”

Sabtu, 3 Oktober 2020


KSR PMI SUB UNIT PGSD UNNES mengadakan kegiatan rutin tahunan yaitu Penerimaan Calon Anggota Baru (PCA) 2020 Angkatan XXXV.  Kegiatan PCA Merupakan awal dari serangkaian kegiatan rutin tahunan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru PGSD UNNES. Kegiatan ini dilaksanakan melalui daring yaitu via zoom meeting, google meet, dan streaming youtube diikuti oleh 471 peserta yang merupakan mahasiswa baru PGSD tahun 2020. Pelaksanaan kegiatan PCA tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam masa Pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka.

Kegiatan PCA ini dihadiri oleh bapak Sungkowo Edy Mulyono sebagai wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan, bapak Isa Ansori sebagai Ketua Jurusan PGSD, bapak Deni Setiawan sebagai Kepala Laboratorium Jurusan PGSD, Ibu Nugraheti Sismulyasih sebagai Dosen Pembina Kemahasiswaan, Ibu Desi Wulandari sebagai dosen pembina KSR PGSD, bapak Shofa Chasani sebagai Ketua PMI Kota Semarang, dan bapak Surachmansekretaris PMI Kota Semarang. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh unit KSR Perguruan Tinggi se-Kota Semarang, Dewan Pertimbangan dan Perwakilan LK/UKM yang ada di PGSD. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kepalangmerahan  bagi mahasiswa baru di lingkungan UNNES terutama PGSD. PCA dimulai dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, fungsionaris, serta tamu undangan kemudian dibuka oleh Bapak Sungkowo Edy Mulyono sebagai pertanda kegiatan dimulai. Setelah itu dilakukan prosesi penyematan Co Card peserta yang diarahkan oleh Ibu Desi  Wulandari.


Sebelum upacara Untuk menambah pengetahuan tentang kepalangmerahan kepada mahasiswabaru  PGSD maka diberikan materi mengenai kepalangmerahan oleh bapak sofa dari pmi kota Semarang mulai dari sejarah Palang Merah di dunia dan sejarah PMI di Indonesia. Dan untuk menambah pengetahuan tentang korps sukarela Universitas Negeri Semarang maka dari KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES memberikan materi mengenai KSR dari kak Nur Atik Umami sebagai pemateri dari KSR Unit unnes.

Dalam kegiatan PCA 2020 ini juga terdapat pretest dan postest yang diadakan kepada para calon anggota untuk mengetahui kemampuan kepalangmerahan. Dalam hal ini mulai dari panitia, tamu undangan, pemateri, dan peserta sangat antusias mengikuti kegitan PCA 2020. Disamping itu untuk membangkitkan suasana dan acara tesebut terdapat jargon untuk PCA 2020 yang berbunyi“ Mandiri, Berdedikasi Semangat Tanpa Henti”. Tidak hanya itu dalam kegiatan PCA 2020 ini juga terdapat launching latrut 1 sebagai salah satu program kerja KSR Sub Unit PGSD FIP UNNES untuk Mahasiswa Baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN