Minggu Menggebu Bersama Latrut 1


Minggu, 16 September 2018 telah dilaksanakan Latihan Rutin 1 bertempat di Auditorium PGSD Unnes dengan materi Pertolongan Pertama ( PP ) dan Balut Bidai ( BB ). Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa PGSD angkatan 2018 yang disampaikan oleh fungsionaris KSR PGSD yaitu materi Pertolongan Pertama oleh Novika Gigih Nugraheni, Octaviani, dan Galuh Candra Purnama sedangkan materi Balut Bidai oleh Nova Adintya, Nadia Nur Ayasi Sholikhah, dan Muhamad Dwi Riyanto.
Kegiatan diawali dengan apel pembukaan pada pukul 07.00 WIB. Dilanjutkan dengan apersepsi terkait materi Pertolongan Pertama yang bertujuan untuk menyelamatkan jiwa penderita, mencegah cacat, memberikan rasa nyaman, dan menunjang proses penyembuhan.
Setelah materi Pertolongan Pertama selesai disampaikan, selanjutnya adalah praktik. 


Dalam rangkaian acara ini seluruh peserta dibagi mitella satu orang satu kemudian peserta mencari pasangan untuk praktik. Untuk kasus praktik di tentukan dari pembicara, setiap kelompok diberi kasus yang berbeda-beda dengan tujuan agar cara pembalutan dan  penanganan menggunakan mitela dapat dijelaskan kepada peserta dengan lebih baik. Dalam acara ini seluruh peserta sangat antusias sehingga semua berusaha untuk bisa membalut teman kelompoknya. Setelah tiap kelompok selesai melakukan pembalutan, pembicara melakukan penilaian dan penjelasan mengenai pembalutan yang peserta  lakukan.
Selanjutnya MC memimpin Ice Breaking selama 15 menit dan dilanjutkan dengan apersepsi terkait materi Balut Bidai ( BB ). 

Dalam penyampaian materi Pertolongan Pertama dan Balut Bidai tidak hanya penyampaian teorinya saja namun, terdapat praktik dan penanganan kasus. Pada saat penyampaian materi selesai, peserta diberi kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab. Sesi penyampaian materi dan pertanyaan telah selesai pukul 11.15 WIB peserta latrut diberi waktu untuk ishoma selama satu setengah jam.
Pada pukul 12.45 WIB waktu ishoma peserta latrut selesai dilanjutkan dengan sharing kelompok dengan masing-masing pendamping kelompok. Kemudian untuk materi Pertolongan Pertama dua orang perwakilan kelompok mengikuti turnamen dan anggota kelompok yang lain mengerjakan soal kuis. Setelah turnamen dan kuis PP selesai, dilakukan pergantian turnamen BB dengan mewakilkan dua orang dan anggota kelompok yang lain mengerjakan kuis.

Peserta dikondisikan oleh pemimpin apel sesuai dengan kelompok masing-masing untuk persiapan apel penutupan dan pengumuman pemenang turnamen, peserta yang memenangkan turnamen yaitu kelompok Physalis Peruviana.

Di penghujung acara MC menutup kembali acara dan membubarkan peserta. Semoga Latihan Rutin kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Siamo !

Komentar

  1. Waaah seru banget acaranya... Sukses selalu untuk KSR PGSD UNNES. Semangat siamo! 😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN