KEMAH THUNDER 2014



Siamo….!!!


Tanggal 13-14 Desember 2014 KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES telah melakasanakan kemah THUNDER di Medini. Kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir dari latihan THUNDER (Training of Humanity and Leadership). Melalui kegiatan THUNDER ini diharapkan terjalin keakraban antara fungsionaris KSR PMI Sub Unit PGSD FIP UNNES dengan mahasiswa baru.
Kemah THUNDER diikuti oleh 136 peserta. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 13 pukul 07.00 WIB dengan apel pemberangkatan yang bertempat di Audit PGSD tercinta. Setelah itu semua peserta dan panitia bergegas menuju bumi perkemahan yang berlokasi di Medini.

Kegiatan pertama adalah mendirikan tenda. Semua peserta harus mendirikan tenda dengan baik dan rapi karena akan ada pemenang tenda terbaik. Pada hari pertama kegiatannya adalah mendirikan tenda, bermain games, materi dan jalan-jalan ke ATK (air terjun kecil). Keseruan tidak sampai itu saja, malam harinya masih ada acara pensi dan api unggun. Secara bergantian tiap kelompok menampilkan kreativitasnya seperti musikalisasi puisi, bernyanyi, dan drama. Tak mau kalah, pada akhir acara pensi panitia menampilkan akustik. Semua peserta dan panitia larut dalam alunan lagu yang indah. Mereka bernyanyi bersama dan saling mengakrabkan diri.


Keesokan harinya, 14 Desember 2014 kegiatan diawali dengan senam kreasi yang diikuti oleh semua peserta dan panitia. Acara yang selanjutnya yaitu Simulasi bencana. Terlebih dahulu korban ditempatkan dan disembunyikan disela-sela kebun teh. Beberapa menit kemudian tim triage dan assesment menuju tempat simulasi. Tim terakhir yang diberangkatkan yaitu tim PP dan tim evakuasi. Dengan menggunakan teknik sapuan, tim evakuasi memindahkan satu persatu korban ke tempat plotting area guna untuk mendapatkan perawatan dari tim PP.


Setelah simulasi selesai, korlap dan masing PJ tiap tim memberikan kesan dan pesannya dalam simulasi ini. Tanpa diduga dan disangga-sangka, dalam acara simulasi ini kedatangan tamu yang spesial. Beliau adalah Bapak Suyanto yang akrab dipangging Pak Wo. Beliau mengajarkan kepada kita semua bagaimana mengevakuasi dan melakukan pertolongan pertama yang benar. selain itu beliau juga menceritakan pengalamannya ketika diterjunkan di lokasi bencana. "Semoga rekan-rekan yang terpanggil di dunia kemanusiaan dapt terus berlatih, berlatih tidak hanya dengan saya dan teman-teman senior tetapi juga bisa berlatih dengan siapa saja yang menguasai ilmunya masing-masing" ujar pak Wo.

Kemah THUNDER 2014 berada pada penghujung acara, kegiatan ini ditutup dengan perobohan tenda dan apel penutupan. Ternyata keseruan kemah THUNDER belum selesai, setelah apel penutupan waktunya pengumuman lomba-lomba. Kemah THUNDER kali ini bertaburan hadiah. Ada 7 perlombaan yang diperebutkan oleh masing-masing kelompok yaitu lomba tenda terbaik, game “Duh tegang", game “towal towel”, pensi terbaik, lomba fotografi, kelompok terheboh dan kelompok ter-alay.

Semua kegiatan yang dijadwalkan pun telah dilaksanakan dan yang terakhir yaitu perjalanan pulang kembali ke kampus tercinta. Walaupun capek, tapi sejuta kenangan indah kini tercipta. 













Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN