Day 1 Latihan Fungsionaris KSR PMI SUB UNIT PGSD FIPP UNNES Periode 2023/2024

Minggu, 13 Agustus 2023 KSR PMI SUB UNIT PGSD FIPP UNNES menyelenggarakan kegiatan Latihan Fungsionaris KSR PMI SUB UNIT PGSD FIPP UNNES angkatan XXXVII periode 2023/2024. Kegiatan latihan fungsionaris ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam serta meningkatkan keterampilan tentang pertolongan pertama dan siap siaga. 

Kegiatan latihan fungsionaris diselenggarakan secara luring bertempat di Kampus PGSD FIPP UNNES. Dalam kegiatan ini, seluruh fungsionaris dibagi dalam dua kelas yang berbeda, yaitu kelas Pertolongan Pertama dan kelas Siap Siaga. Keduanya akan memperoleh materi yang berbeda-beda dalam waktu bersamaan. Pada hari pertama ini, latihan fungsionaris dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari PMI Kota Semarang sebagai pemateri dalam kegiatan ini.



Materi pertama disampaikan pada pukul 07.45-10.25 WIB. Pada kelas Pertolongan Pertama (PP), teman-teman fungsionaris mendapatkan materi dan pelatihan tentang pertolongan pertama. Materi tersebut disampaikan oleh Hafsah Lailatul Iffat. Sedangkan pada kelas Siap Siaga (SS) mendapatkan materi dan pelatihan tentang Wash yang disampaikan oleh Maulana Malik Ibrahim.


Penyampaian materi kedua dilaksanakan pada pukul 10.25-12.30 WIB. Pemateri Maulana Malik Ibrahim  memberikan materi dan pelatihan tentang Balut Bidai di kelas Pertolongan pertama. sedangkan pada kelas Siap Siaga diberikan materi dan pelatihan oleh pemateri Helmi Lutfi tentang Pemetaan. 


Setelah ishoma, kegiatan latihan fungsionaris kemudian dilanjutkan dengan materi ketiga pada pukul 14.30-15.30 WIB. Pada kelas Pertolongan pertama mendapatkan materi dan pelatihan tentang Gangguan Sistem Otot Rangka oleh pemateri Suyanto. Selanjutnya, pada kelas Siap Siaga mendapatkan materi tentang Assessment dan Triage oleh pemateri Didik Setio Nugroho.

Kegiatan Latihan Fungsionaris periode 2023/2024 hari pertama terlaksana secara lancar dan mendapatkan antusias dari teman-teman fungsionaris pada kelas Pertolongan Pertama maupun Kelas Siap Siaga. Seluruh peserta berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan seperti memperhatikan penyampaian materi, praktik materi maupun pada sesi tanya jawab. Dengan diadakannya Latihan Fungsionaris diharapkan seluruh peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk menolong sesama di kehidupan sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN