KEMAH THUNDER 2018


Relawan Tangguh Berjiwa Teguh.
SIAMO !!!

Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10 dan 11 November 2018, KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes melaksanakan kegiatan Kemah Thunder ( Training of Humanity and Leadership ) bertempat di Bumi Perkemahan Medini, Kendal. Kemah Thunder adalah puncak kegiatan Thunder yang telah dilaksanakan selama 3 kali oleh KSR PMI Sub Unit PGSD. Adapun tujuan dari kegiatan kemah thunder ini adalah untuk meningkatkan rasa kesukarelaan, kebersamaan, dan kemanusiaan antar peserta kemah thunder. Selain itu, diharapkan peserta dapat menerapkan ilmu-ilmu kepalangmerahan yang telah didapat selama thunder.
   
Pada hari pertama kemah thunder, peserta dan segenap fungionaris melaksanakan apel pembukaan pukul 07.00 WIB di halaman kampus PGSD. Dilanjutkan dengan pemberangkatan peserta. Perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu satu setengah jam untuk sampai ke bumi perkemahan medini. Peserta sangat antusias dan menikmati pemandangan alam terutama pegunungan di sepanjang perjalanan.
Setelah sampai di Medini, Kegiatan dilanjutkan dengan pendirian tenda masing-masing kelompok dipandu oleh beberapa fungsionaris . Untuk mengurangi rasa lelah, peserta Kemah Thunder diajak bermain games  seperti estafet kelereng, sebrangkan aku, sunggi tampah, dan rias wajah. Tujuan dari games ini adalah untuk meningkatkan solidaritas dan kerja sama antar tim. Setelah itu, tidak lupa dari KSR PMI Sub Unit PGSD memberikan materi tentang evakuasi, pembuatan drakbar, dan pengarahan simulasi tanggap bencana.
Malam yang dingin, peserta Kemah Thunder beserta seluruh fungsionaris KSR PMI Sub Unit PGSD menyalakan api unggun. Tidak hanya api unggun, peserta juga diajak untuk menampilkan pentas seni perwakilan tiap kelompok dan saling bernyanyi bersama-sama hingga larut malam.
Di hari kedua, peserta dan segenap fungsionaris melaksanakan senam pagi. Semangat yang membara, terlihat dari teriakan-teriakan peserta. Setelah melaksanakan senam, peserta didampingi fungsionaris melaksanakan briefing sesuai tim simulasi. Selang beberapa saat, kegiatan simulasi dimulai. Mulai dari penyampaian berita bencana, pengondisian masing- masing tim oleh korlap, dan pemberangkatan ke medan bencana.
Semua kegiatan dilalui peserta dengan  antusias dan penuh semangat. Hingga tak terasa simulasi berakhir. Sebelum diarahkan untuk kembali ke tenda, peserta dan segenap fungsionaris didampingi oleh ALB mengadakan evaluasi simulasi. Beberapa dari peserta ada yang mewakili untuk menyampaikan kesan pesan yang dirasakan saat simulasi. Suasana haru, rasa yang lega, dan tubuh yang kelelahan terlihat dari raut wajah mereka.  Kegiatan di Kebun Teh diakhiri dengan foto bersama. Beberapa kegiatan yang dilalui bersama di Medini, ditutup dengan apel penutupan. Rasa senang dan lega terpancar mengiringi perjalanan pulang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN