THUNDER KE-4 : ASSESSMENT, TRIAGE DAN SIMULASI BENCANA



 Semarang, 13 November 2016 KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes mengadakan Pelatihan Thunder yang ke- 4 dengan materi Triage dan Assessment yang disampaikan oleh Bahtiar Ahmad Lazuardhi, Novi Indriyani, dan Doni Vianda Putra. Pelatihan Thunder tersebut diikuti oleh mahasiswa baru dan Fungsionaris KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes, dimulai pada pukul  12.45-16.00. Selain mahasiswa baru mendapatkan materi tentang Triage dan Asessment juga melaksanakan Simulasi bencana yang diaksanakan dilapangan PGSD.
 
Pada Simulasi bencana dibagi menjadi beberapa tim yaitu Koordinator lapangan, Tim Triage, Tim Pertolongan Pertama dan Evakuasi serta Korban. Simulasi dimulai dari Koordinator lapangan yang mengkondisikan semua Tim Simulasi kemudian dilanjut pemberangkatan yang pertama yaitu Tim Triage setelah itu disusul oleh Tim Pertolongan Pertama dan Evakuasi. Tim Triage bertugas untuk melabeli korban sesuai dengan kasus, Tim Pertolongan Pertama langsung menangani korban tersebut serta Tim Evakusi mengevakuasi korban dari tempat kejadian ke tempat yang lebih aman. Simulasi  berlangsung lancar dan mahasiswa baru antusias dalam kegiatan tersebut.
            Semoga materi Triage dan Asessment dapat mempersiapkan diri untuk menjadi relawan. Karena kita tidak pernah berharap adanya bencana, tetapi paling tidak kita bisa menolong diri kita sendiri.

SEMANGAT SIAMO !!!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN