WATSAN MENAWAN TENDA MENGGODA

Hari ini (02/02)  diklatsar dan gladi tangguh KSR PMI SUB UNIT PGSD FIP UNNES memasuki hari kedelapan dengan materi tenda dan watsan (wather and sanitation) yang di isi oleh pak Suyanto (Pak Wo) dan Pak Abdul Rohman.
Seperti biasa peserta diklatsar berangkat pukul 06.45 dengan menggunakan dresscote hijau dan juga celana training gelap. Mereka sangat bersemangat ketika masuk terbukti dengan wajah mereka yang berseri-seri. Pukul 07.00 acara di isi dengan senam sehat dan juga ice breaking untuk lebih meningkatkan semangat mereka yang di pandu oleh 2 MC  yang sangat cantik.
Materi di mulai pukul 07.30 dengan materi tenda yang di isi oleh Pak Suyanto atau sering di panggil Pak Wo menerangkan tentang materi macam-macam tenda, tempat ploting area pendirian tenda dan juga cara mendirikan tenda,selain itu juga bercerita tentang pengalamannya ketika di tempat bencana langsung. Peserta diklatsar sangat antusias sekali dalam mendengarkan materi yang di sampaikan karena menurut mereka materi tenda itu sangat menyenangkan dan bermanfaat.
Setelah materi tenda selesai di lanjutkan dengan praktik pendirian tenda. Tenda yang di dirikan yaitu tenda pleton. Untuk awal pendirian tenda yaitu peserta di berikan contoh oleh kakak-kakak fungsionaris tentang bagaimana cara mendirikan yang baik dan benar dengan di pandu juga oleh Pak Wo. Tenda yang akan di dirikan cukup besar jadi membutuhkan pasukan sebanyak 12 0rang dengan 8 orang memegang 8 tali dan 2 orang sebagai hammer dan 2 orang lagi sebagai mengambil tiang dan juga pasak. Setelah di contohkan oleh kakak-kakak fungsionaris selanjutnya giliran peserta untuk mencoba untuk mendirikan tenda. Peserta di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok mendirikan tenda dan juga membongkar tenda. Untuk kelompok pertama yaitu pendirian di pimpin oleh Lukmanul Hakim dalam kurun waktu 20 menit tenda sudah berdiri. Kemudian kelompok ke dua yaitu kelompok pembongkaran tenda yang di pimpin oleh Doni Viandra dengan kurun waktu 15 menitan. Peserta sangat menikmati jalannya simulasi pendirian tenda pada pagi hari ini.

Setelah prakterk pembangunan tenda selesai. Peserta diminta untuk kembali ke Auditorium untuk pengkondisian dan ishoma. Pukul 13.20 WIB materi dilanjutkan kembali dengan materi Watsan ( Water and Sanitasi) yang disampaikan oleh pemateri Pak Abdul Rohman. Materi tersebut merupakan materi yang penting untuk dipahami, sebab berguna jika terjadi bencana tentunya Water and Sanitasi sangat diperlukan oleh masyarakat sekitar. Diharapkan materi yang disampaikan hari ini dapat diterapkan saat simulasi bencana yang akan dilaksanakan besok (03/02).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN