Latihan Rutin Pertama "Pembalutan dan Pembidaian"



LATIHAN RUTIN 1

Latihan rutin pertama yang diadakan oleh KSR Sub Unit PGSD FIP Unnes dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 September 2014. Acara dilakasanakan di auditorium PGSD FIP Unnes dan dimulai pada pukul 13.00. Kegiatan latihan rutin ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, disamping kegiatan latihan rutin Pramuka  dan dilakukan tiap 2 minggu sekali. Jadi waktu pelaksanaan latihan rutin bergantian dengan Pramuka. Misalnya jika latihan rutin KSR yang pertama pukul 13.00 maka latihan rutin kedua dimulai pukul 07.00, demikian seterusnya. Kegiatan latihan rutin ini diawali dengan upacara pembukaan dan juga sambutan setelah itu dilanjutkan penyampaian materi.
Pada latihan rutin yang pertama ini, materi yang diajarkan yaitu pembalutan dan pembidaian. Materi disampaikan oleh fungsionaris KSR yaitu Anissa Rahmawati, Syaiful R, dan Isna Amalia. Para peserta telah membawa peralatan yang dibutuhkan yaitu mitela dan bidai. Mitela yaitu kain berbentuk segitiga yang digunakan untuk membalut luka sedangkan bidai yaitu kayu berbentuk persegi panjang. Para peserta diajarkan cara membalut luka di belakang kepala, luka di pelipis, luka sayat, luka bakar, patah tulang lengan atas bahkan patah tulang terbuka dan tertutup.  Seluruh peserta terlihat antusias dan memperhatikan materi yang diajarkan.

Setelah materi disampaikan acara selanjutnya yaitu sharing kelompok. Para peserta yang sebelumnya telah dibagi menjadi beberapa kelompok melakukan sharing dengan pendampingnya. Setelah itu beberapa peserta dari tiap kelompok dipanggil secara acak untuk mengikuti turnamen. Turnamen ini dimaksudkan untuk menguji kompetisi tiap kelompok. Materi yang di lombakan yaitu materi yang telah disampaikan sebelumnya, jadi tiap peserta harus memperhatikan materi yang diajarkan pemateri. Kelompok yang memperoleh skor tertinggi akan mendapatkan piala bergilir. Acara berlangsung seru, tiap kelompok berusaha menunjukkan kemampuannya yang terbaik.  Sementara itu anggota kelompok yang lain mengerjakan soal kuis yang telah disiapkan sebelmnya. Kegiatan berakhir pada pulul 16.30 dan diakhiri dengan upacara penutupan serta pengumuman pemenang turnamen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Keluarga (PK)

PEMBALUTAN, PEMBIDAIAN DAN EVAKUASI PEMBALUTAN